PAPA COOKIES

Jangan Simpan Roti di Kulkas

Published February 16, 2023

Share on :

Jangan Simpan Roti di Kulkas. Hadirnya kulkas dalam kehidupan saat ini mempermudah kita untuk menyimpan hampir semua makanan di dalam kulkas, tidak terkecuali roti. Tak hanya agar awet, menyimpan makanan di kulkas juga mencegah adanya semut atau serangga lainnya.

Taukah anda jika ternyata roti merupakan makanan yang tidak dianjurkan untuk disimpan di dalam kulkas, karena menyimpan roti di kulkas bisa mengubah rasa aslinya dan tidak menutup kemungkinan pula akan lebih cepat jamuran, sehingga tidak aman lagi untuk disantap.

Kedengarannya kontra-intuitif mengingat bagaimana kulkas diciptakan untuk membantu menjaga kesegaran makanan. Namun dalam ilmu kimia ada proses rumit yang disebut “retrogradasi dan rekristalisasi pati” (dimulai ketika roti mendingin setelah dipanaskan selama pemanggangan), pati kemudian akan berkumpul kembali kembali ke aslinya maka itu, roti bisa menjadi keras.

David Norman, seorang ahli roti dan pemilik beer garden, Easy Tiger, mengatakan, menyimpan roti yang benar justru di suhu ruangan.

“Untuk membuat roti awet, mulai untuk tidak membeli potongan roti. Karena kita tahu, di rak toko itu seringkali roti telah diiris kecil. Jika Anda ingin langsung memakannya tidak masalah, namun jika ingin membuatnya tetap enak selama beberapa hari, Anda harus memotongnya di meja,” kata Norman, seperti dilansir Huffingtonpost, Selasa (21/2/2017).

Menurut Dr Jessica Florencia dari Klik Dokter, mengatakan, bahan-bahan makanan seperti tomat, ubi, bahkan bawang merah, bawang putih, maupun bawang bombay tidak baik jika disimpan di kulkas.

Khusus untuk roti, kata dia, memang tidak akan mudah berjamur dibandingkan jika disimpan di suhu ruangan.

“Namun, roti yang disimpan di dalam kulkas akan lebih cepat tidak segar, lebih mudah berbau, dan rasanya tidak nikmat lagi,” kata dia dikutip pada Selasa (16/5/2017).